Langsung ke konten utama

Rumahku Indonesia VS Darurat Covid-19

Ada yang tak biasa tentang keadaan sekarang ini. Negeriku Indonesia bersama dunia sedang berjuang melawan virus corona atau Covid-19 sejak akhir tahun 2019 lalu. Indonesia sendiri baru diliputi kepanikan tentangnya di awal Maret 2020. Ketika bapak Jokowi, presiden kita, mengumumkan dua orang di antara kita sudah terdampak virus ini. 

Hari ini, menjelang akhir Maret 2020. Saya pribadi mendadak diserang sakit kepala teramat sangat. Setelah sore harinya WA pribadi dan grup saya geger dikarenakan Prof. Idrus Paturusi, Rektor Kampus UNHAS pada masanya, termasuk dalam 13 orang positif Covid-19 di SulSel per 25 Maret 2020 ini. Seseorang seperti beliau pun sudah terdampak. Bersama 12 orang lainnya, yang bisa saja adalah mereka yang ditemui di keseharian kita. Semoga mereka lekas pulih, dan badai virus ini segera berlalu.

Saya mengkhawatirkan banyak hal. Terutama, keluarga dan kerabat, pastinya. Yang mana, setelah menikah dan hidup dengan keluarga kecilku sendiri, saya tak lagi serumah dengan ibu, kakak, dan bapak yang memang sejak remaja sudah tak bersama kami lagi. 

Pertama, tentang ibu, kakak, dan bapak. Alhamdulillah setelah mengesampingkin permasalahan yang ada di keluarga kami, komunikasi kami alhamdulillah lancar-lancar saja. Sekarang, kami hidup dengan keluarga masing-masing. Ibu dan kakak, tentu saja masih bersama bersama keluarga kami yang lain. Mungkin, dikarenakan ikatan darah yang memang kuat. Membuat kami tentu saja saling mengkhawatirkan di antara gelombang virus ini. Semoga mereka selalu baik-baik saja meski tak sedang bersamaku. 

Ke-dua, tentu saja anak kami yang masihlah satu-satunya saat ini. Muhammad Aqsa. Saya khawatir tidak cukup menjaga dia dari paparan virus yang ada. Saya juga mengkhawatirkan diri saya sendiri, mana tahu kalau tak pandai jaga diri, sayalah yang akan terdampak dan tak bisa menjaga dia lagi. Saya sedih kalau berpikir meninggalkan dia dengan bapaknya, meski mungkin itu hanyalah sakit yang harus dikarantina dan tak bisa menemui mereka sementara waktu. Pastilah mereka sedih dan kewalahan tanpa saya.

Saya juga mengkhawatirkan keluarga yang saat ini tinggal bersama kami. Ada bapak mertua, tante (kakak dari ibu mertua saya), dan sepupu kami. Bagaimana mungkin saya bisa merangkul mereka semua? Meminta mereka menjaga diri sementara kami masih banyak kebutuhan lain di luar sana. Saya dan suami mungkin cukup teredukasi dengan keberadaan virus ini. Tapi, saya sangat cemas mereka tak sadar seberapa parah kondisi yang terjadi saat ini. Semoga kami pun selalu dalam perlindungan Allah dan baik-baik saja sampai semua ini berakhir. 

Ke-empat, dan terakhir. Saya sedih dan sesak memikirkan ini. Bagaimana jika sesuatu terjadi pada suami saya 😐 Rasanya sangat berat, bahkan hanya dengan menuliskannya di sini. Beliau seorang Satpol PP yang masih harus bertugas ketika waktu jaganya tiba. Bahkan pekerjaannya memaksa dia untuk turut bersosialiasi tentang kebijakan pemerintah akan virus ini di wilayah kerjanya. Beliau bisa saja terpapar entah apa di luar sana. Meski, selalu saya ingatkan tentang menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya. Tapi, yang namanya naluri seorang lelaki, terkadang menjaga kebersihan seperlunya saja. 

Alhamdulillah, dia sadar dengan keadaan yang berbahaya ini. Dan mulai ingat tentang jaga ini-itu demi dirinya dan kami, anak-istrinya. Tetapi, saya tetap saja khawatir. Bagaimana kalau dia khilaf sampai lalai terhadap keberadaan dirinya. Tiba-tiba saya memikirkan hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Saya terkadang berpikir, pasti saya sedih kalau dia kewalahan mengurus dirinya dan anak kami, kalau saya sakit. Tanpa pernah terpikirkan sebelumnya... bagaimana kalau dia yang sakit? Apa jadinya saya dan anak kami?

Rasanya sedih dan sesak sekali bahkan hanya dengan memikirkannya saja.

Covid-19 ini benar-benar menjadi cambuk bagi kita semua. Untuk lebih memikirkan kesehatan diri dan keberadaan kita di sekitar yang lainnya. Mungkin kita sudah kurang akrab dengan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Sampai harus dipaksa #dirumahaja dengan keadaan ini. Mungkin kita sudah terlalu banyak makan-minum terlalu keenakan dengan santainya nongkrong di cafe dan mall-mall selama ini. Atau, terlalu keasyikan travelling sesuka hati kita.

Sangat berharap semua ini segera selesai dan berakhir tanpa menyisakan sedih yang terlalu dalam di antara kita semua. 
Kepada mereka yang telah berjuang dan akhirnya pergi meninggalkan kita, semoga mereka pergi dalam keadaan husnul khotimah.
Semoga mereka yang masih berjuang segera sembuh dan baik-baik saja.
Semoga kita diberi kesehatan agar mampu melawan keadaan ini.

Allah sedang membuka mata kita, agar lebih peduli dengan diri dan sekitar kita yang mungkin terabaikan selama ini.
Alam mungkin sudah terlalu tua sampai muak melihat kita berbuat sesuka hati tanpa kendali lalai menjaga diri dan lingkungan sekitar.
Sekarang kita dipaksa hidup lebih sehat dari biasanya.
Kita harus dipaksa menjaga kebersihan lingkungan yang biasanya teledor kita amalkan.
Kita harus baik-baik saja...
Dan, semoga badai ini segera berlalu dengan pengingat yang luar biasa hebat untuk kita cerna bersama.
Sehat-sehat selalu, keluargaku, sahabat-sahabatku, dan kamu semua.

Aamiin Allahumma Aamiin...💖

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untuk Paris dan Jo

Singkat saja kali ini. Aku akan menyusul kalian. Seminar proposal. Segera. Segera, setelah bulat tekadku menghadap ibu PA cantik dan baik hatinya. Serta bapak Ketua Jurusan yang tak kalah baiknya. Ttd., Rizka dan sisa-sisa semangat demi menghabiskan 08 yang tersisa di sisa-sisa akhir kesempatan bergelar Sarjana Ilmu Komunikasi, eh, Sarjana Sosial dari kampus merah.

Study Tour Exist'08 (7)

Perjalanan ke Bali… Bus berangkat sekitar pukul 21.00, dan baru berhenti pada pukul 02.00 untuk makan malam. Beginilah kalau perjalanan jauh, jam makannya tidak jelas. Beberapa dari teman kami lupa makan malam dan menderita maag, termasuk saya. Untung ada obat dari seorang teman, yang lalu membuat saya merasa lebih mendingan. Terimakasih, Maya!! ^^ Lanjut tidur, lalu terbangun sekitar pukul 10.00. Dan beberapa menit kemudian singgah di POM Bensin untuk membersihkan diri, ada yang mandi, keramas, ataupun sekedar gosok gigi dan cuci muka. Untung saja bus kami ber-AC, jadi kami tidak terlalu bermasalah dengan keringatan. Tidur lagiiii *hanya itu yang bisa dikerjakan*. Sempat bermain UNO di atas bus yang sedang berjalan itu. *sempat-sempatnya!!* Oh, iya… AC bus kami sempat bermasalah di jalan. Mulai tidak nyaman dengan keadaan ini, bus kami diservis dulu AC-nya di suatu tempat. Jadinya, kami bersinggah lagi. Ada yang memanfaatkan kesempatan dengan mengisi baterai ponselnya di warung pedaga